KEGIATAN PENGUATAN GROWTH MINDSET COACH TAHUN 2022

Pengertian Growth mindset adalah pola pikir seseorang yang memahami bahwa kemampuan atau bakat yang dimilikinya sejak kecil merupakan sebuah permulaan. Orang yang memiliki growth mindset percaya bahwa kemampuan dan bakat tersebut dapat terus berkembang dengan kerja keras dan dedikasi. Oran-orang ini akan selalu menanamkan pola pikir untuk terus belajar dan memahami dunia.

Jenis pola pikir Growth mindset merupakan mindset positif karena seseorang yang memiliki growth mindset atau pola pikir berkembang cenderung ingin mendapatkan proses belajar yang bermakna dan memiliki pengaruh dalam hidupnya. Dengan mindset ini, orang tidak akan hanya ingin terlihat pintar atau terlihat menguasai suatu permasalahan. Proses menjadi hal yang sangat berharga dan kegagalan tidak akan membuat mereka berpikir bahwa ini adalah akhir segalanya,  melainkan adalah tangga yang akan mengantarkan untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Pentingnya merubah mindset dari fixed mindset menjadi growth mindset adalah pola pikir berkembang akan membuka kesempatan yang lebih besar untuk mencapai kesuksesan. Karakteristik lainnya dari orang yang memiliki growth mindset adalah sebagai berikut:

1. Berkeyakinan bahwa intelegensi, bakat dan sifat bukan merupakan fungsi, hereditas/keturunan.

2. Dapat menerima tantangan dan serius menjalankannya.

3. Selalu memandang ke depan dari kegagalan yang dihadapi.

4. Selalu berpandangan positif terhadap usaha yang dilakukan.

5. Belajar dari kritik yang diberikan orang lain.

6. Dapat menemukan pelajaran dan memperoleh inspirasi dari kesuksesan orang lain.

Contoh growth mindset misalnya Ketika Guru Pintar mengembangkan sebuah media pembelajaran, tetapi ternyata media pembelajaran tersebut kurang efektif. Bukannya patah semangat dengan membuang media tersebut, Guru Pintar akan berusaha mencari tahu apa yang salah dengan media yang dibuat dan berusaha memperbaikinya.